Thursday, 21 December 2017

Makna Surat Al Kahfi itu Apa?

Didalam artikel ini kami ingin membantu anda yang belum tau dan sedang mencari apa makna atau arti dari surat al kahfi. Tanpa panjang lebar lagi, jawabannya ada dibawah.
Note: Baca juga Bacaan surat al Kahfi lengkap.

Makna Surat Al Kahfi

Arti atau makna surat al kahfi dalam bahasa Indonesia yaitu Gua. Dan makna Ashabul Kahfi (nama lain al kahfi) yaitu para penghuni gua. Didalam KBBI (kamus besar bahasa indonesia), Gua artinya liang atau lubang besar pada kaki gunung dan sebagainya.
Kenapa surat ini dinamai Gua atau para penghuni gua? Karena didalam surat ini tepatnya pada ayat ke 9 hingga ke 26 terdapat sebuah kisah tentang para pemuda yang dikejar-kejar oleh pemimpin dzolim karena mereka lebih memilih beriman kepada Allah SWT daripada harus menuruti perintahnya yaitu menyembah dirinya, oleh karena itu mereka dikejar untuk dibunuh.
Ditengah pelariannya sampailah para pemuda tadi ke dalam hutan dan menemukan sebuah Gua, lalu mereka masuk dan bersembunyi didalamnya.
Atas izin Allah mereka tidak ditemukan oleh orang-orang yang disuruh untuk mengejar mereka. Bahkan Allah SWT menolong dan menyelamatkan mereka dari pemimpin dzalim tadi dengan cara menidurkan mereka. Bukan sehari dua hari, tapi bertahun-tahun hingga pemimpin dzalim telah berganti dengan pemimpin yang amanah dan taat kepada Allah.
Itulah kenapa surat ini dinamai Al Kahfi yang bermakna Gua.

Sekian artikel singkat dan ringan kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca, semoga menjadi amal bagi anda dan juga bagi admin. Aamiin.