Thursday, 7 December 2017

Baca Surat Al Kahfi Ayat 73 dan Terjemahannya

قَالَ لَا تُؤَاخِذْنِي بِمَا نَسِيتُ وَلَا تُرْهِقْنِي مِنْ أَمْرِي عُسْرًا ﴿٧٣﴾
(73) Musa berkata: "Janganlah kamu menghukum aku karena kelupaanku dan janganlah kamu membebani aku dengan sesuatu kesulitan dalam urusanku".

Baca Surat Al Kahfi Ayat 73 

Baca surat al kahfi ayat 73 lengkap dengan arab dan juga terjemah bahasa Indonesia. Jangan lupa baca ta'udz dulu sebelum membacanya.

Cerita didalam Surat Al Kahfi

surat al kahfi per ayat

Didalam surat ini terdapat beberapa kisah yang penuh dengan hikmah, diantaranya yaitu kisah tentang para pemuda sholeh yang yang ditidurkan oleh Allah SWT hingga bertahun-tahun yang mungkin anda juga pernah dengar. Kisah ini terkenal dengan nama "Ashabul Kahfi" yang tidak lain adalah nama lain dari surat ini.
Kisah lengkapnya dapat anda baca dibawah ini.
1. Para Penghuni Gua
Dahulu kala, pernah hidup seorang raja bernama Dikyanus yang tidak amanah, dia kejam dan sewenang-wenang menjadi seorang pemimpin bagi rakyatnya. Siapa saja yang melawan aturannya maka hilanglah nyawanya.
Ia menganggap rakyatnya adalah hambanya, semua rakyat wajib menyembah dirinya, tidak boleh menyembah Allah SWT yang jelas-jelas tuhan sebenarnya.
Karena takut dibunuh, mayoritas rakyat mematuhi aturannya.
Tetapi tidak bagi 7 pemuda dengan iman yang kuat ini, mereka tidak sudi menjual keimanannya kepada Allah SWT uuntuk raja mereka yang dzolim.
Sehingga mereka beribadah kepada Allah SWT secara diam-diam agar tidak diketahui. Tetapi kemudian ada orang jahat yang memberitahu raja Dikyanus tentang mereka yang menyembah tuhan selainnya.
7 Pemuda ini tahu mereka dalam keadaan bahaya, oleh karena itu mereka berfikir lebih baik pergi dari tempat tersebut dan mencari tempat sembunyi sehingga mereka dapat beribadah dengan aman dan nyaman kepada Allah SWT. Dan sampailah mereka ke sebuah Gua di tengah hutan.
Para pesuruh raja mencari mereka ke berbagai penjuru. Ketika lewat kedepan gua yang dimasuki para pemuda sholeh, mereka tidak berfikir mereka akan masuk kesana karena menurut mereka tempat tersebut angker, lalu ditutuplah gua tersebut dan amanlah para pemuda dari kejaran mereka.
Atas izin Allah SWT, mereka bertujuh ditidurkan dengan nyenyak sekali. Bukan sehari dua hari, tapi hingga ratusan tahun!
Hingga ketika Allah membangunkan mereka, zaman sudah lebih maju dan berubah, raja yang kejam dan dzolim pun telah diganti oleh raja yang baik hati dan bertakwa kepada Allah SWT.
Tidak lama setelah itu, jiwa mereka diangkat oleh Allah SWT. Dan cerita tersebut terkenal hingga sekarang dengan sebutan kisah Ashabul Kahfi.
Dan ini bukan sebuah dongeng, ini adalah kisah nyata yang terdapat didalam salah satu surat al Quran, yaitu al Kahfi.

Terimakasih telah membaca al quran di situs www.suratkahfi.com, semoga menjadi amal bagi anda dan juga bagi admin.